Beri nilai

Hai sobat tekno, kembali lagi bersama mimin di sini. Kali ini kita akan me-REVIEW jejaring sosial asli Indonesia, tepatnya bikinan anak Bandung, yaitu Viugraph (viuGraph).

159

Aplikasi ini berada di bawah naungan PT Svarga Indomulia Mediatama, dan sudah terpampang di Google Play sehingga bisa kamu download sesuka hati di ponsel Android kamu.

Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia untuk iOS, BlackBerry, ataupun untuk pengguna Windows 10. Jadi bagi kamu pengguna iPhone, Lumia, BlackBerry ataupun Komputer dengan OS Windows 10 harus berkecil hati karena tidak bisa menikmati aplikasi ini, padahal pengguna Lumia/Windows 10 dan juga iPhone terbilang sangat banyak.

159Lebih parahnya lagi, Versi Android yang didukung pun minimal versi 4.4 (KitKat), artinya untuk Android versi di bawahnya dan juga bagi pengguna BlackBerry 10 (Z10, Z30, Q10, Q5 dkk) kamu tidak bisa menginstall aplikasi ini lewat APK ataupun Share-it, karena OS BB10 saat artikel ini ditulis masih menggunakan Android 4.2.

Sisi positifnya, ukurannya yang kecil hanya 16.68MB dapat didownload secara singkat dalam hitungan detik dengan menggunakan jaringan wifi/3G ataupun 4G.

Proses Login atau Sign-up terbilang cukup mudah, mimin melakukan pendaftaran hanya dengan sekali klik menggunakan akun Google. Hal ini sangat membantu, terutama bagi kamu-kamu yang males banget ngisi biodata saat pendaftaran, karena detail biodata bisa kamu isi belakangan.

159
App Permission pada viuGraph

Pilih minimal 3 topik umum yang menjadi favorit kamu, ini akan menjadi preferensi konten-konten apa saja yang akan tampil di layar beranda kamu. Tapi kesan pertama saat memilih topik justru mengesankan viuGraph ini seperti bukan medsos, melainkan portal baca atau berita. Mungkin ini yang akan menjadi ciri khas dan pembeda dari viuGraph dengan medsos yang lain.

Setelah proses pendaftaran dan pemilihan topik, maka kamu bisa menikmati aplikasi ini. Walaupun belum memiliki teman, tenang saja, berandamu tidak akan kosong, tapi sudah terisi oleh konten-konten yang sesuai topik yang kamu pilih barusan.

Sayangnya, proses pencarian teman harus dilakukan manual satu per satu. Tidak ada fitur cari teman atau impor kontak. Memang, setelah dicek, permission (perizinan perangkat) aplikasi ini hanya sebatas multimedia, bukan pembacaan kontak. Alhasil kamu pun bakal kerepotan untuk menginvite atau meng-add teman kamu untuk join di viuGraph.

Kesimpulan

Positif

159
Pencarian dengan 0 (Nol) hasil untuk kata kunci LP3I
  • Konsep baru & modern; Karya anak bangsa
  • Ukuran App kecil, ringan didownload
  • Proses login mudah, bisa melalui akun Google

Negatif

  • Tidak multiplatform, tersedia hanya untuk Android 4.4 ke atas
  • Proses login/daftar tidak bisa menggunakan akun jejaring sosial lain, sehingga menyulitkan pengguna untuk migrasi dari jejaring sosial tersebut
  • Tidak ada fitur impor kontak, sehingga menyulitkan saat mencari teman
  • Pengguna masih sedikit, baik personal maupun official

 

Source: Tekno

Artikel ini dikunjungi sebanyak 5 kali, dan sebanyak 1 kunjungan pada hari ini.