CARA JITU: Mengatasi ancaman Google Panda & Penguin
4.6 (92%) 5 votes

Google Panda dan Google Penguin adalah “musuh” yang ditakuti oleh para blogger dan webmaster. Bagaimana tidak, web yang kita kelola sekian lama, akhirnya “terlempar” jauh dari hasil pencarian yang ada di Google Search. Sebagaimana kita tahu bahwa hasil pencarian Google merupakan sumber visitor terbaik yang membuat blog kita semakin banyak dikunjungi. Jika web kita terlempar dari pencarian Google, maka dampaknya adalah penurunan jumlah pengunjung yang sangat drastis.

Apa si yang dimaksud Google Panda & Google Penguin? Google Panda & Google Penguin adalah suatu algoritma yang dibuat untuk menghukum blog dan website yang mempunyai banyak konten sampah atau pun dianggap ” web sampah”.

Kita pasti pernah menggunakan pencarian google untuk mencari informasi yang dibutuhkan, namun terkadang hasil web pencarian tersebut kita menemukan “jebakan” web SPAM yang isinya sama sekali tidak bermanfaat dan terlampau jauh dengan topik yang sedang kita cari. Nah Google Panda & Penguin ini dibuat untuk menghukum web-web sampah tersebut, sehingga hasil pencarian Google benar-benar berkualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pencari.

Penyebab terkena Google Panda & Penguin

Penyebab utama web kita terkena hukuman Panda & Penguin bisa beraneka ragam, tapi umumnya adalah dikarenakan web kita terlalu/over SEO.

Sebagai contoh, blog kita tercinta ini tekno.or.id pun pernah terkena hukuman ini. Hasil pencarian yang biasanya nangkring di urutan pertama atau kedua di halaman pertama, pernah terlempar ke halaman kedua, atau bahkan tidak ditemukan sama-sekali! Padahal sebelumnya sudah terindex dan muncul di hasil/pencarian.

Setelah diteliti, memang ada beberapa Post yang over SEO. Dengan mencantumkan tag yang terlalu di luar konteks, menyebabkan Google membaca postingan tersebut sebagai spam yang bisa menjebak pengguna.

Tanda web kita terkena hukuman Google Panda & Penguin

159

Akhirnya, kembali muncul di pencarian Google pada urutan teratas!

Tidak ada peringatan khusus yang diterima oleh pemilik web, tapi kita bisa mengetahuinya saat kita mengecek hasil pencarian Google mengenai topik yang kita muat di web kita. Bisa juga kita ketahui saat pengunjung/visitor web kita terjun bebas! Bisa turun sebesar 50% lebih. Tentunya menurunnya jumlah pengunjung adalah hal yang dihindari oleh para webmaster.

Artikel lengkap: Ciri-ciri blog kita terkena hukuman Google sandbox, panda, dan penguin

Tapi akhirnya, blog kita tercinta ini, – tekno.or.id -, telah ‘kembali ke jalan yang benar’ dan muncul di hasil pencarian pada urutan teratas. Lalu bagaimana solusi untuk mengobati luka akibat Google Panda & Penguin?

Mengatasi hukuman Google Panda & Penguin

Awalnya sempat bingung saat blog ini dicurigai terkena hukuman Panda & Penguin, dan saya sempat mencari beberapa artikel untuk menanggulanginya, kebanyakan tutorialnya sangat ribet! Tapi ada satu postingan yang saya rasa simpel namun efektif dari web sugeng.id. Caranya adalah:

Ubah struktur judul web kamu

Struktur title sebelum:

ini adalah judul postingan | nama web

Ubah menjadi seperti ini:

ini adalah judul postingan – nama web

Saat penulis mempraktikkannya, penulis kebingungan bagaimana cara mengubah struktur title pada wordpress dan gak ketemu-ketemu. Akhirnya penulis ubah format title pada menu pengaturan umum wordpress, seperti ini:

ini adalah judul postingan – L-Magazine menjadi ini adalah judul postingan – LP3I Magazine 

Yang penting format judulnya berubah, ya kan? Ini akan membuat Google kembali mengindex halaman tersebut sebagai suatu postingan yang berbeda dari postingan sebelumnya yang dianggap sampah.

Hapus atau perbaiki penyebabnya

Jika web kamu terkena hukuman Panda atau Pinguin dikarenakan over SEO, ya tentunya hilangkan penyebabnya! Hapus pengaturan yang over tersebut, bisa jadi over tag yang di luar topik, terdapat link ke situs yang di-blacklist, atau semacamnya. Jika tidak dihapus, maka web kita pasti terkena hukuman lagi, atau bahkan mungkin bisa di-blacklist.

Resubmit web kamu di Google Webmaster

Sebetulnya dua langkah di atas sudah cukup untuk mengobati hukuman dari Panda dan Penguin, tapi proses indeksasi web membutuhkan waktu yang lama (bahkan sangat lama bagi seorang webmaster) jika kita hanya menunggu saja, bisa 2-3 hari bahkan satu minggu web kita kembali muncul di hasil pencarian google.

Biar cepat, buka Google webmaster kamu (jika belum daftar, silakan daftar dulu), kemudian silakan resubmit dan buat permintaan pengindex-an ulang. Jangan lupa, submit kembali sitemap dan RSS feed kamu. Dengan melakukan ini, proses pengindex-an oleh google bisa dilakukan lebih cepat, yakni kurang dari 24 jam.

Gimana? Cukup mudah bukan? Jika kamu punya pengalaman serupa, silakan bagi pengalaman kamu melalui menu komentar di bawah ini ya.

Artikel ini dikunjungi sebanyak 141 kali, dan sebanyak 1 kunjungan pada hari ini.
  • Sabrang Dedy

    Jadi ga ada wmail pemneritahuannya ya… hm berarti kita mengandalkan jumlah visitor yang turun dranstis aja ya buat mengetahui blog kita kena hukum?

    • Aris Riyanto Wijaksono

      iya kang, tidak ada peringatan

      • Sabrang Dedy

        Oke makasih gan… mo tanya ,google meng update index nya setiap berapa hari ya? Coz saya ga sadar sudah menghapus artikel yang sudah terindex dengan baik di google. Pas coba kata kunci yg saya andalkan web saya ada di halaman satu, dan sialnya setelah saya klik tautanya mengarah ke halaman yang sudah saya hapus, jadi tampilanya “postingan yang anda cari tidak ada” wah saya menyesal sekali itu. Sudah saya ganti dengan artikel yang sama tapi tanggal postinganya berbeda tapi belum terindex juga. Tetep yang terindex yang postingan lama… punya cerita serupa ga gan?

        • Aris Riyanto Wijaksono

          Sekitar satu minggu, yg penting ada RSS/feed/sitemap nya, jadi artikel bisa saling me link satu sama lain. Kalau mau cepat, bisa request index manual di Google Webmaster