Cara membaca artikel yang berhalaman-halaman menjadi satu halaman
5 (100%) 1 vote

Dunia memang sudah berubah, tak lagi terpaku pada media cetak seperti koran atau majalah, sumber informasi bisa kita dapat dari berbagai media, seperti media internet.

Karena memang informasi dapat didapat dengan mudah langsung dari genggaman kita, membuat orang berlomba-lomba untuk menyediakan konten berita saduran atau pun orisinal demi mendapat traffict dan rupiah melalui blog dan adsense.

Banyak faktor untuk mendapatkan traffict dan rupiah, salah satunya faktor SEO (Search Engine Optimization).  Karena jika web kita mudah dicari di mesin pencari, maka otomatis jumlah pengunjung pun akan meningkat.

Tapi tak semudah it, banyak faktor juga agar web kita bersahabat dengan SEO (SEO Friendly), salah satunya adalah menekan jumlah Bounce Rate. Kebanyakan mesin pencari membenci web dengan jumlah bounce rate yang tinggi, maka dari itu seorang blogger yang baik harus bisa menyiasati agar jumlah bounce rate tidak terlalu besar.

Membagi halaman, meningkatkan traffict menekan bounce rate

Salah satu cara menekan jumlah bounce rate adalah dengan cara membagi satu halaman menjadi beberapa halaman. Hal ini tentu akan membuat web kita lebih sering diklik untuk membuka permalink yang lain pada blog kita.

Satu artikel tanpa pembagian maka pembaca hanya membaca satu kali kemudian pergi, lain jika kita memecahnya menjadi beberapa bagian, maka satu artikel harus diklik sebanyak beberapa kali agar informasinya didapat secara utuh. Hal ini tampak baik bagi blogger, tapi buruk bagi visitor, karena kita sebagai pengunjung merasa risih karena harus membuka banyak link hanya untuk membaca satu artikel.

Bagaimana cara membuatnya menjadi satu?

Bagaimana caranya agar  membuat artikel yang berhalaman-halaman menjadi satu? Tergantung dari apa yang digunakan oleh sang blogger itu sendiri. Sebagai contoh, penulis akan mengambil sampel artikel dari laman tribunnews.com, perlu diingat bahwa berbeda web mungkin akan berbeda cara pula.

Step 1

yuhuuuBuka laman tribunnews.com dan buka salah satu artikel, sebagai contoh penulis ambil artikel dengan judul “Bocah Kena Gangguan Jiwa karena Terlalu Banyak Ikut Les, Ditanya Apapun Jawabnya Angka-angka“, yang secara default artikel terbagi menjadi 6 halaman.

Pasti risih dan ribet ya, apalagi jika isi artikelnya tidak terlalu penting. Bukan berarti saya menjudge artikel tersebut tidak penting, tapi terkadang kita menjumpai artikel yang nangkring di jejaring sosial yang terlihat menarik, namun saat dibuka ternyata tidak penting-penting amat, pasti pernah menjumpainya kan?

Step 2

yuhuuuHighlight bagian address bar, jika kita browsing menggunakan komputer desktop, cukup tekan ALT+D. Maka kita akan mendapatkan alamat URL seperti ini:

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2016/07/19/bocah-kena-gangguan-jiwa-karena-terlalu-banyak-ikut-les-ditanya-apapun-jawabnya-angka-angka

 

Step 3

Ubah alamat URL tadi, tambahkan querystring seperti ini:

?page=all

Sehingga akan menjadi:

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2016/07/19/bocah-kena-gangguan-jiwa-karena-terlalu-banyak-ikut-les-ditanya-apapun-jawabnya-angka-angka?page=all

Tekan enter.

Step 4

Kita siap membaca keseluruhan artikel dengan mudah tanpa harus mengklik sambungan artikel tersebut beberapa kali. Mudah bukan?

Nah trik tersebut bisa kita coba untuk membuka situs-situs yang lain ya. Tapi penulis tidak menjamin triknya sama dan berhasil, dan penulis juga tidak tahu sampai kapan trik ini akan berfungsi, karena dunia teknologi akan semakin berkembang dan tentu akan muncul cara dan teknik yang lain.

Jika kamu punya ide, saran, pertanyaan atau trik yang lebih ampuh, bagikan di sini!

Artikel ini dikunjungi sebanyak 213 kali, dan sebanyak 1 kunjungan pada hari ini.